Home Bengkel Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Baik dan Benar – Apabila anda seorang driver atau pemilik kendaraan roda empat yang sangat mencintai kebersihan, pastinya mobil yang anda miliki akan selalu dirawat dan tetap terlihat bersih baik untuk eksterior maupun interior dari kendaraan tersebut. Akan tetapi, terkadang dari kebanyakan pengguna kendaraan suka mengabaikan kebersihan mesin mobil sehingga ketika dibuka akan terlihat sangat kotor padahal sebaiknya mesin mobil yang berada di dalam walaupun tidak terlihat sekali-kali anda bersihkan supaya tetap bagus dan kinclong.

Untuk cara membersihkan Mesin mobil memang tidak bisa sembarangan dikarenakan ada beberapa cara yang harus anda lakukan supaya tidak salah kaprah dan malah menjadikan mesin mobil rusak dan tidak digunakan. Bagi anda para pengguna kendaraan mobil dengan menjaga kebersihan mesin mobil maka hal tersebut bisa menjaga seluruh komponen yang ada di sekitar mesin supaya bekerja lebih maksimal dan bagus walaupun untuk mencucinya tidak boleh sembarangan.

Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Baik dan Benar

Harus anda ketahui, apabila di dalam mesin dipastikan banyak komponen yang sangat sensitif dengan air terutama untuk masalah kelistrikan di mana ketika terkena air komponen elektrikal akan beresiko alami korsleting sehingga mengakibatkan fatal.

Banyak dari para pengendara yang berfikiran Kenapa mesin mobil tidak usah dibersihkan biasanya mereka berpikir dikarenakan mesin mobil adalah bagian yang sangat vital dan sangat berbahaya ketika terkena air selanjutnya mereka beranggapan apabila mesin sudah dilindungi sehingga tidak perlu lagi dibersihkan.

Walaupun begitu, bagi Anda yang memang menyukai mobil selalu bersih baik dari dalam dan luar maka untuk cara mencucinya pun anda harus berhati-hati.

  • Silakan anda terlebih dahulu sebelum mencuci mesin mobil mengenal letak bagian komponen elektrikal yang memang disimpan, seperti letak accu sikring dan beberapa komponen kelistrikan yang termasuk elektrikal.
  • Sebelum Anda membersihkan mesin sebaiknya Anda menutupi seluruh komponen kelistrikan menggunakan plastik supaya tidak terkena air, apabila ada kabel yang tidak terbungkus dengan rapi maka silakan Anda bungkus dengan menggunakan isolasi dan haruslah rapih.
  • Selanjutnya silakan Anda melakukan proses pencucian dengan menggunakan water spray lalu cuci mesin seperti biasa, di mana Anda boleh memberikan sabun lalu semprot bagian mesin dengan degreaser sambil ada menyikat lembut dan dianjurkan menggunakan sikat bekas maupun engine brush.
  • Selanjutnya silakan Anda semprot area tersebut menggunakan air supaya bisa menghilangkan sisa kotoran dan juga membersihkan bekas sabun yang memang biasa menempel pada permukaan mesin.
  • Selanjutnya Anda bisa mencuci menggunakan kompresor angin untuk membuang sisa air di sekitar mesin dan supaya lebih aman ketika anda beres mencuci mobil Maka jangan dulu dipakai Anda bisa mendiamkan selama 3 jam supaya mesin kering.
  • Terakhir silakan Anda menyalakan mesin lalu hangatkan mobil dan selesai. Selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa pengecekan seperti lampu dan lainnya Apakah berjalan dengan normal atau tidak.
Artikel yang sering di cari :

Leave a Reply