DOKTER THT SEHATQ.COM BISA MENANGANI PENYAKIT INI

Apakah anda sedang merasakan gangguan pada telinga, hidung atau tenggorokan? Awalnya mungkin dianggap sepele, karena di hari berikutnya berpikiran sudah sembuh. Tetapi sudah selang beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu, gangguan tersebut masih terasa dan semakin menyakitkan. Pada tahap ini, barulah orang tersebut akan menemui dokter. Pun biasanya dokter yang didatangi adalah dokter umum. Padahal yang paling tepat adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter THT. Meskipun begitu tetap saja masih banyak orang yang datang ke dokter umum terlebih dahulu.

6 Penyakit Yang Bisa Ditangani Dokter THT

Dokter THT tentunya mempunyai kemampuan dalam mencegah, melakukan diagnosis, serta mengobati penyakit yang berhubungan dengan telinga, hidung & tenggorokan. Anak-anak, remaja, sampai orang tua bisa ditangani oleh dokter THT ini. Berikut ini ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, tenggorokan yang bisa ditangani oleh dokter THT.

  1. Infeksi pada telinga

Kuman yang masuk ke telinga bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Tanda-tanda terjadinya infeksi pada telinga adalah keluar cairan dari telinga, gangguan pendengaran atau demam. Infeksi yang terjadi ini bisa dari luar dan dalam. Namun tidak perlu khawatir mengenai permasalahan ini, karena termasuk penyakit ringan. Dokter THT akan membantu mengeluarkan irigasi dan mengeluarkan cairan dari dalam telinga.

  1. Gangguan pendengaran atau tuli

Penyakit ini dikarenakan kelainan sensorineural pada bagian dalam telinga, kelainan konduktif pada bagian luar atau tengah. Atau juga karena kelainan kombinasi keduanya. Gangguan pendengaran atau tuli ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah usia, mendengar suara terlalu keras, tumbuh tumor dalam telinga, atau kotoran menumpuk. Dokter THT akan membersihkan kotoran telinga. Jika diperlukan, maka akan diberikan implan koklea.

  1. Sinusitis

Penyakit satu ini terjadi dikarenakan flu, polip hidung atau kelainan lainnya. Hal ini menyebabkan pembengkakan atau radang pada jaringan rongga sinus. Apabila sinusitis masih ringan, dokter THT akan membersihkan hidung dengan cairan khusus. Kemudian memberikan obat dekongestan dan antibiotik.

  1. Gangguan penciuman

Biasanya hal ini terjadi karena cedera kepala, flu, kerusakan saraf penciuman, atau karena efek samping pengobatan tertentu. Kondisi ini akan membuat seseorang kehilangan kemampuan mencium. Namun tenang saja, dokter spesialis THT akan memberikan pengobatan sesuai penyebabnya.

  1. Kanker nasofaring

Merupakan jenis penyakit paling parah. Munculnya penyakit ini adalah karena terlalu sering merokok, minum alkohol, infeksi Epstein-barr atau riwayat kanker. Umumnya gejala kanker nasofaring ini ditandai adanya benjolan pada bagian leher dan tenggorokan. Jadi ketika menelan akan sulit, mimisan, bernapas atau berbicara juga sulit.

  1. Laryngitis

Penyakit ini ditandai dengan perubahan suara menjadi serak, ada rasa sakit dan tidak nyaman pada depan leher. Hal ini dikarenakan adanya pembengkakan pada dinding organ laring. Biasanya dokter THT akan memberikan antibiotik dan menyarankan melakukan terapi suara. Selain itu juga biasanya pasien dibatasi untuk bicara, harus menghindari debu, asap rokok, kafein dan alkohol.

Pilih dan Cari Dokter THT Di Sehatq.com

Jika anda mengalami gangguan pada telinga, hidung atau tenggorokan dan ingin melakukan pemeriksaan. Tetapi belum juga menemukan dokter THT yang baik dimana. Segera kunjungi sehatq.com saja. Di sehatq.com terdapat banyak dokter THT yang siap membantu anda. Pun anda bisa melakukan booking terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi praktik untuk melakukan pemeriksaan. Keunggulan lainnya, anda juga bisa memilih dokter THT berdasarkan kota tempat tinggal. Sehingga anda menjadi lebih mudah dan tidak perlu jauh-jauh ke luar kota.

Sehatq.com juga memberikan fitur lainnya untuk para penggunanya, seperti:

  • Informasi artikel valid yang sudah ditinjau oleh dokter.
  • Informasi rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia.
  • Toko, obat, penyakit dan fitur lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *