TIPS MEMILIH BERBAGAI MACAM BUAH-BUAHAN YANG SEGAR

TIPS MEMILIH BERBAGAI MACAM BUAH-BUAHAN YANG SEGAR

Bagi anda yang suka berbelanja kebutuhan rumah tangga seperti makanan, sayuran dan buah buahan. Pasti kalian pernah salah memilih sayuran atau buah yang tidak segar sehingga tidak mampu di konsumsi lagi. Buah dan sayuran memang memiliki masa basi yang beda beda, dimana ada yang beberapa hari baru basi ada juga yang awet beberapa hari tidak basi. Itulah yang menyebabkan pentingnya mengetahui bagaimana cara memilih buah dan sayuran yang segar. Untuk memilih buah dan sayuran yang segar kita mampu melakukan beberapa hal. Akan tetapi karena setiap buah atau sayuran memiliki masa basi yang berbeda, anda perlu mengetahui masa basi buah atau sayuran yang akan anda beli terlebih dahulu. Karena buah yang tidak segar mampu membuat nutrisi yang ada di dalam buah bekerja tidak optimal. Bahkan akan menyebabkan efek samping yang lebih membahayakan lainnya. Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara memilih buah buahan yang segar:

  • Melihat warnanya

Buah yang segar pada umumnya memiliki warna buah yang cerah karena jika buah yang kurang segar akan berwarna lebih pucat dan tua. Akan tetapi ada juga buah dengan warna yang cerah akan tetapi di dalamnya belum matang atau tua. Maka dari itu perhatikan sekeliling buah jika banyak buah yang berwarna cerah. Usahakan memilih buah yang berwarna cerah dan mulus tanpa cacat sedikitpun.

  • Cek kulit

Hal lain yang perlu anda perhatikan ialah mengecek kulit buah. Buah yang matang biasanya memiliki kulit yang bagus tanpa cacat sedangkan buah yang rusak memiliki kulit yang keriput, lembek dan rusak.

  • Tekstur buah

Untuk mendapatkan buah yang segar anda bisa mengecek tekstur dalam buah. Setelah melihat warna dan kulitnya anda bisa mengecek tekstur pada buah. Anda bisa menekan bagian badan buah. Buah yang segar dan matang memiliki tekstur empuk sedangkan buah yang busuk memiliki tekstur lembek dan buah yang belum matang memiliki tekstur yang lebih keras.

  • Cium aromanya

Untuk mendapatkan buah yang segar anda perlu mencium aroma buah tersebut terlebih dahulu. Buah yang segar biasanya memiliki aroma yang wangi dan juga khas buah tersebut. Sedangkan buah yang kurang segar biasanya memiliki aroma yang lebih menyengat. Untuk buah yang belum matang biasanya tidak beraroma sama sekali. 

  • Melihat kelopak pada buah

Cara yang satu ini biasanya digunakan untuk buah yang memiliki kelopak pada kulitnya. Buah yang segar cenderung memiliki kelopak buah yang berwarna cerah sedangkan buah yang kurang segar biasanya memiliki kelopak yang berwarna lebih kecoklatan. Biasanya anda bisa melihatnya pada buah naga, buah manggis dan buah berkelopak lainnya.

  • Biji buah

Cara ini juga digunakan untuk buah yang memiliki biji di dalamnya seperti alpukat. Buah yang segar dan matang biasanya biji yang ada di dalamnya mudah untuk keluar dari daging buah tersebut. Caranya hanya dengan mengocok buah tersebut, jika terdengar bunyi di dalamnya berarti buah tersebut matang. Karena biji yang ada di dalam buah tersebut dapat terpisah dari kulitnya. Anda bisa mempraktekkan cara ini untuk melihat kematangan pada buah alpukat. Ada cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan melihat bagian permukaan bawah buah alpukat. Jika berwarna sedikit coklat berarti buah tersebut matang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *